Thursday 13 December 2012

Membangun Mindset entrepreneurship

Membangun Mindset Entrepreneurship


1. Pendahuluan

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan meruapakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarsa dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya.

Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu-ke waktu, hari demi hari, minggu demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasi lah semua peluang dapat diperolehnya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya.


2. Karakteristik Kewirausahaan

1 Motif Berprestasi Tinggi

2 Selalu Perspektif

3 Memiliki Kreatifitas Tinggi

4 Memiliki Perilaku Inovatif Tinggi

5 Selalu Komitmen dalam Pekerjaan, Memiliki Etos Kerja dan Tanggung Jawab

6 Mandiri atau Tidak Ketergantuangan

7 Berani Menghadapi Risiko

8 Selalu Mencari Peluang

9 Memiliki Jiwa Kepemimpinan

10 Memiliki Kemampuan Manajerial

11 Memiliki Kerampilan Personal


3. Ciri-ciri Kewirausahaan Unggul / Berhasil

Menjadi wirausaha profesional harus memenuhi criteria keunggulan dan keberhasilan. Adapun ciri dari kedua kriteria tersebut adalah sebagai berikut:

a) Ciri dan Kemampuan Wirausaha Tangguh

1) Berpikir dan bertindak strategik, adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan termasuk yang mengandung resiko agak besar dan dalam mengatasi masalah.

2) Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan langganan.

3) Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan dengan sistem pengendalian intern.

4) Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.

b) Ciri dan Kemampuan Wirausaha Unggul

2) Berani mengambil resiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha menghindarinya.

3) Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk langganan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.





4. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kegagalan Wirausaha

Menurut Zimmerer (dalam Suryana, 2003 : 44-45) ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha barunya:

1. Tidak kompeten dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.

2. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan.

3. Kurang dapat mengendalikan keuangan. Agar perusahaan dapat berhasil dengan baik, faktor yang paling utama dalam keuangan adalah memelihara aliran kas. Mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat operasional perusahan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar.

4. Gagal dalam perencanaan. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.

5. Lokasi yang kurang memadai. Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Lokasi Memahami Karakteristik Kewirausahaan yang tidak strategis dapat mengakibatkan perusahaan sukar beroperasi karena kurang efisien.

6. kurangnya pengawasan peralatan. Pengawasan erat kaitannya dengan efisiensi dan efektivitas. Kurang pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan alat tidak efisien dan tidak efektif.

7. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kemungkinan gagal menjadi besar.

8. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewirausahaan. Wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan, tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil.

Keberhasilan dalam berwirausaha hanya bisa diperoleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu





Sikap Mental seorang Wirausaha Sukses



1. Mempunyai semangat dan kemauan untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan,

2. Mempunyai kemampuan dalam menilai kesempatan-kesempatan di dalam berwirausaha,

3. Mempunyai keberanian untuk mengambil resiko dalam menjalankan usahanya demi mengejar suatu keuntungan,

4. Mempunyai daya kreasi, imajinasi di dalam mengenbangkan bidang usaha yang digelutinya,

5. Mempunyai cara menganalisis yang tepat, sistematis dan metodologis di dalam mengembangkan bidang usahanya,

6. Memiliki kemampuan, kemauan dan tekad bulat di dalam mengembangkan bidang usaha guna mencapai kemajuan dan tujuannya,

7. Membawa teknik-teknik baru dalam mengorganisasi usahausahanya secara tepat guna, efektif dan efisien,

8. Berusaha tidak konsumtif dan selalu menanamakn kembali keuntungan yang diperolehnya di dalam kegiatan bidang usahanya.

9. Mempunyai kemauan yang kuat untuk berusaha,

10. Selalu beriman dan berbuat kebaikan,

11. Mempunyai perjuangan yang tidak mengenal lelah di dalam berusaha, Memahami Karakteristik Kewirausahaan

13. Percaya kepada keyakinan terhadap diri sendiri untuk maju,

14. Bertanggungjawab atas kemampuan dan kemajuan dalam bidang usahanya,

15. Supel di dalam pergaulan bisnisnya,

16. Pandai cara bernegosiasinya untuk memajukan bidang usahanya,

17. Berpikir secara positif untuk maju dalam bidang usahanya,

18.Berinisiatif, kreatif dan disiplin terhadap kegiatan usahanya,

19.Beritikad baik untuk memperoleh kemajuan di bidang usahanya.

anda ingin menjadi wirausahawan bergabunglah dengan seminar bisnis kami, dan buat bisnis dengan mudah, isi form disamping kiri anda ini.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal