Wednesday 27 February 2013

cara memulai bisnis baru (cara membuat outcome)

Cara memulai bisnis baru dengan membuat well formed outcome


Cara memulai bisnis adalah dengan membuat outcome atau goal, outcome yang lebih spesifik disebut well formed outcome merupakan sebuah visi, apa yang bisa kita lihat dimasa depan dari masa kini. Untuk mendapatkan jawabannya diperlukan pertanyaan "apa yang sungguh-sungguh anda inginkan?" Banyak yang kesulitan menjawabnya, misal "saya ingin mendapatkan kebahagian dalam hidup" atau "saya ingin memiliki kebebasan finansial dan waktu", ini terlalu meluas kurang spesifik, karena bahagia itu harus bisa lebih spesifik misal bahagia dengan rumah mewah seharga 1 milyar, bisa naik haji, atau punya bisnis omset 1 milyar, itu lebih jelas.

Ada panduan untuk membuat well formet outcome bisa untuk digunakan secara personal tetapi juga bisa diaplikasikan dalam organisasi dan bisnis. Ada dua prinsip utama dalam membuat outcome (goal) yang well formed yaitu harus tertulis dalam kalimat positif dan spesifik, serta outcome yang dibuat haruslah hal yang inspirasional. Selain dalam kalimat positif, outcome yang well formed haruslah mengandung spesifikasi dalam kalimatnya. Semakin spesifik outcome semakin baik. Spesifikasi ini diperlukan agar tidak ada asumsi-asumsi yang salah. Dengan lebih spesifik, otak kita tidak bisa menerima informasi dengan jelas dan tidak terjadi distorsi.

Penting juga untuk menuangkan outcome yang spesifik dalam bentuk tulisan, bahkan aktifitas menuliskan outcome dalam teknik pencapaian tujuan selalu diharuskan. Pada saat menuliskan kehendak kita atau sesuatu yang ingin kita capai, sebenarnya kita telah melakukan afirmasi. Dalam konteks keyakinan, afirmasi adalah pernyataan niat.

Sedangkan outcome yang inspiring mendorong kita untuk melakukan daya upaya agar bisa mendapatkannya. Semakin inpiring maka daya dorongnya akan semakin kuat. Semakin berharga outcome yang hendak kita raih, semakin kita mau berkorban dan mau melakukan apapun saja untuk mendapatkannya. Spirit dan motivasi ini sangat dibutuhkan dalam proses pencapaian outcome. Kualifikasi dan ukuran untuk bisa disebut inspiring tentu ukurannya berbeda-beda pada masing-masing individu.

Well formed outcome seperti kompas yang menunjukkan arah tujuan kita. Ia adalah guide bagi langkah dan tindakan untuk sampai pada tujuan yang dikehendaki. Misal outcome, bagi walt disney impian membangun surga bermain dan hiburan bagi anak-anak menginspirasi hidupnya. Bagi Wright bersaudara melihat burung yang sedang terbang membentangkan sayap diangkasa sangat menginspirasi untuk membuat pesawat terbang, Tukang sepeda berfikir dan bekerja keras untuk mewujudkan impiannnya, Marck Zugeberg seorang drop out kuliah berfikir bagaimana mengumpulkan orang-orang dalam satu wadah, bagaimana berkomunikasi dengan banyak teman dalam satu wadah, dibangunkanlah facebook, atau Larry Page pendiri Google, bagaimana menjawab pertanyaaan setiap orang di suatu tempat, dibangunkanlah sebuah mega proyek pencarian secara global lahirlah Google.

Preview Article                                                                                                            Next Article

Coch Ray Asmoro
diambil dari buku Exploring Human Excellence, dapatkan diskon buku dengan klik disini


Untuk mengetahui lebih lanjut Well Formed Outcome lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal