Wednesday 19 June 2013

Wirausaha Sukses (Succeed in running the business continuity)

Berhasillah dalam menjalankan usaha yang berkesinambungan. Langkahterakhir dalam membangun usaha adalah membangun usaha tersebut agar dapat berkesinambungan. Artinya usaha tersebut dapat berjalan dengan sendirinya tanpa campur tangan terlalu banyak si pemilik usaha tersebut.

Cara yang harus dilakukan adalah dengan membuat sebanyak mungkin pelanggan yang loyal terhadap perusahaan tersebut. Pelanggan yang loyal terhadap perusahaan tersebut. Pelanggan yang loyal akan menjadi asset perusahaan yang sangat penting karena ditangan mereka sebenarnya perusahaan akan bergantung. Atas kesadaran diri, seorang pelanggan yang loyal akan selalu setia melakukan pembelian atas produk yang ditawarkan. Bahkan banyak pelanggan yang menjadikan produk tersebut sebagai sebuah kebutuhan produk dalam hidupnya. Jika hal ini terjadi, maka berapapun uang yang harus mereka keluarkan untuk membeli produk tersebut tidak akan pernah diperhitungkan lagi.

Disisi lain, biasanya seorang pelanggan yang loyal akan sangat fanatik dengan produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Kefanatikan tersebut pada akhirnya akan membuat para pelanggan yang ada secara sadar maupun tidak menjadi bagian dari tim marketing perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara mengajak, menginformasikan serta menceritakan mengenai produk maupun perusahaan tersebut kepada orang lain. Dengan demikian maka orang tersebut akan mencari dan membeli produk yang dimaksudkan.

Guna menjaga kelangsungan usaha, maka seorang wirausaha sukses harus mampu mendesain pelanggan loyal yang ada di perusahaannya. Beberapa langkah yang dapat diambil oleh seorang wirausaha sukses dalam menciptakan pelanggan yang loyal tersebut antara lain :
  1. Memahami 5 keinginan pelanggan yang ingin selalu dituruti oleh para karyawan.
  2. Meminimalkan kesenjangan (GAP) antara apa yang diinginkan dan yang seharusnya didapatkan oleh pelanggan
  3. Memahami dengan baik 5 dimensi kualitas pelayananan
  4. Memastikan bahwa setiap karyawan mampu melayani pelanggan dengan 6S
  5. Mampu mendesain program untuk menciptakan pelanggan yang loyal
  6. Melakukan penilaian terhadap setiap pelanggan sehingga wirausaha suskes tersebut mampu memberikan penghargaan yang sesuai dengan pelanggan tersebut.
  7. Mengubah paradigma lama pelanggan dengan paradigma yang baru.

Dengan menjalankan kedelapan langkah menjadi wirausaha sukses tersebut, maka seorang wirausaha suskes akan mampu menjadi wirausahawan yang sukses sekali. Pada akhirnya ia akan berada dalam satu kondisi kenyamanan dalam menjalankan usaha dan bahkan bisa keluar dari usaha tersebut untuk kembali membuat usaha lainnya dengan mengikuti kedelapan langkah membangun usaha tersebut.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal